Menubar

Minggu, 28 April 2013

Unlock Bootloader Sony Xperia J frmware 11.2.A.0.21

Cara unlock bootloader sony sebenarnya sangat mudah dan tanpa resiko kerusakan, karena selama ini saya mencoba belum pernah terjadi kerusakan hardware ataupun firmware.
berikut ini saya akan menjelaskan bagaimana cara unlock bootloader dengan mudah.


PERTAMA
Syarat :
  1. handphone Sony Xperia jessica ( J ) st26i dengan firmware jellybeans 11.2.A.0.21
  2. ketikkan *#06# untuk cek imei, dan simpan di notepad atau catatan lainnya.
  3. pastikan xperia anda boleh untuk di unlock. cek melalui *#*#7378423#*#* lalu masuk pada opsi Service info dan configuration, lihat pada bagian paling bawah  untuk root status, jika tertulis "allow unlock = yes" maka agan diperbolehkan untuk mengunlock xperia agan
  4. masuk ke situs unlockbootloader.sonymobile dan ikuti instruksinya
    • Gulir halaman sampai bagian paling bawah dan pilih Start unlocking the boot loader (baca dengan teliti) lalu pilih continue.dan yes i'm sure ,centang kedua opsi dan accept- masukan nama anda(terserah), masukan imei xperia (langkah 2) jika diperlukan/didapati masalah pada imei kurangi satu angka di bagian paling belakang imei anda dan terakhir masukan alamat email anda yang aktif, unlock kode akan dikirim ke alamat email anda.- cek inbox email anda, jika sudah ada kiriman key untuk unlock selanjutnya kita pastikan si jessica sudah terhubung ke komputer.
  5. matikan jessica, tekan dan tahan tombol volume + di ikuti dengan masukkan konektor usb ke pc dan jessica, jika led atas menyala biru, berarti jessica sudah masuk fastboot.
  6. selanjutnya cek pada device manager di komputer, jika ditemukan ada driver fastboot yang belum terinstal, maka instal dulu Driver Fastboot berikut ini dengan klik kanan di device manager pada driver fastboot yang masih bertanda ! dan pilih update driver, pilih lokasi kita menyimpan driver yg di download tadi (tentunya driver fastboot sudah di exstrak terlebih dahulu. dan pilih folder driver lalu di open/di proses saja.

    Selengkapnya baca di, CARA INSTAL DRIVER FASTBOOT
  7. Keterangan : driver telah saya cek dan tes berjalan di windows xp, Seven 32bit dan Windows Eight 32bit, untuk versi Windows all 64bit belum saya dapatkan.
  8. Jika driver sudah terinstal selanjutnya adalah proses unlock, download dan exstrak Fastboot lalu jalankan fastboot. dengan cara exstrak semua file yg ada di dalam zip ke hdd (lebih mudah taruh di c:/ buat folder baru nama fastboot,letakkan semua file yg ada di zip ini ke folder tersebut)
    pilih folder fastboot (lokasi folder) lalu
    - untuk windows seven tekan shift dan klik kanan di dalam folder tersebut untuk membuka cmd(command promt) pilih open with command here.
    - untuk windows xp, buka all program, accessories, command promt atau tekan tombol windows pada keyboard diikuti huruf "R"
  9. Di dalam CMD (lokasi fastboot) ketikkan fastboot.exe -i 0x0fce getvar version untuk memastikan device sudah terhubung (win8 tested)
     jika belum tampil seperti diatas, maka driver fastboot kemungkinan belum terinstal, pastikan  dulu koneksi sobat seperti diatas, sebelum melangkah ke tahap selanjutnya.

  1. jika device sudah berhasil di identifikasi lalu ketikkan lagi fastboot.exe -i 0x0fce oem unlock 0xKEY ("KEY" adalah kode untuk unlock bootloader, yang anda terima di email dari http://unlockbootloader.sonymobile.com) dan enter


Jika proses berhasil dan bertuliskan finish maka lepas koneksi usb dan restart jessica anda. cek melalui langkah 3 untuk memastikan jessica sudah terunlock dengan bertuliskan unlock = yes.


Selanjutnya untuk Proses Root bisa dilanjutkan :)

JESSICA UNLOCKED
Kebutuhan :
Unlockbootloader
Fastboot tool
Driver usb fastboot
Bosstrip64@gmail.com

43 komentar:

  1. fastboot tools ma driver usb fastboot tools kok eg bs ddwnload?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahahahah oo iya betul. ternyata saya ada kesalahan dalam me link kan tautan,, :), sudah tak perbaiki gan. monggo

      Hapus
  2. Gan, Thanks banget buat tutorialnya, amat sangat membantu sekali

    BalasHapus
  3. kok ngga ada email dari http://unlockbootloader.sonymobile.com ya Om,. di inbox, spam, trash juga ngga ada saya cari,. ada solusi lain nggak ya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau yg itu saya g paham jg gan. mungkin saja servernya sedang bermasalah, tapi beberapa hari kemaren saya masih bisa make buat generate kode, mungkin bisa di coba lagi di ulang requestnya, sementara ini saya belum nemu site atau tool lain buat dapetin unlock kode selain di situ. jadi paling akan saya bantu cari info terbarunya, kalau ad nanti saya post lg.

      Hapus
  4. mas di tunggu update-an nya lg,
    ulas tentang bloatware dong (list2nya)
    n tentang tweaking2 lainnya yg di rasa berguna

    BalasHapus
  5. gan sony xperia j pnya aneh udh berhasil di root di versi 11.2.A.0.21, trima kasih sblmnya bwt tutornya :)
    ane mau nanya klo misalnya ane download update'an sistem baru 11.2.A.0.31, status rootnyA bakal ada masalah gk ? mhon infonya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk root, nanti kalau agan update ke fw 31 root akan hilang lagi, agan perlu melakukan re root lagi dari awal, karena saat update system kita otomatis di flash lagi ke keadaan baru dan hanya ada aplikasi bawaan saja jadi root jg ilang.

      Hapus
  6. gan sory nih untuk unduh driver fastboot nya yang mana soalnya itu kan itu banyak banget?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara instalnya masuk ke driver manager, itu driver yg dah di download di exstrack dulu ke dalam satu folder, ntar baru dari device manager klik kanan di device fastbootnya dan update/instal pilih folder drivernya, akan automatik instal

      Hapus
  7. gan kalo ane dah firmware 11.2.a.0.31 tetep bisa di boot loader kan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk fw21 sama fw31 langkah2nya masih sama dan bisa, karena basicnya masih sama2 jellybeans

      Hapus
  8. Balasan
    1. gan ane udh d tahap "download dan exstrak Fastboot"..
      udh ane dibikin folder di C:/

      Trus ane klik Fastbot.exe nya ga mw kebuka ??? kenapa ya

      Hapus
    2. untuk fastboot makenya bukan dari file exe nya, tapi menggunakan command dos, coba panggil file exe nya dari command prom dia baru bisa jalan, oleh karena itu saya sudah bikinin fastbot yg bisa tinggal klik silahkan download disini http://bosstrip64x2.blogspot.com/2013/07/autoscript-fastboot-flash-boot-cwm-ubl.html

      Hapus
  9. @bayu3winarko : emg ga bsa di buka bro,di ekstrak aj smua lngsung di C...lngsung msuk dos ktik deh tuh "fastboot.exe -i 0x0fce getvar version" bwt tes jalan ap kgak....

    @Didik de bosstrip32 : fw 11.2.a.0.31 ga bisa di bootloader ya soalnya pas masukin imei dan enter hasilnya FAILED uy..pa hrus downgrade dlu om?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kok gan, kok masukin imei?, kalau yg buat unlock itu pake key gan, musti request dulu dimari http://lockbootloader.sonymobile.com/

      Hapus
  10. ternyta XJ ane vervi FW ny 0.31.., ga bisa y ?

    tolong gan., ane bingung bgt mw Root, Hp ane jesicca JB, FW 0.31.
    root status, udh "allow unlocK = yes"

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk fw21 sama fw31 langkah2nya masih sama, karena basicnya masih jellybeans, di pahami lagi dan di urut2 dg teliti gan, pasti bisa, gampang tuh :)

      Hapus
    2. klo XJ ane status Rootny, jika tertulis "allow unlock = yes"
      apakah langkah 4., bole d lewati ??
      soal'a ane lum dpet email balasan dari http://unlockbootloader.sonymobile.com/.

      Hapus
    3. wahh g bisa gan, kita musti punya key dulu kalau pengen unlock boot, jadi sebenarnya langkah no4 itu yg paling penting dalam proses UBL gan.

      Hapus
    4. GAn., klo udh finis., apakah Jesicca jdi balik k settingan pabrik ?

      Hapus
    5. bisa gan, tinggal relock bootloader saja, udah ke lock lagi kayak aslinya

      Hapus
  11. Gan, gmn cara downgrade XJ ane balik ke ics lagi? Gak perlu di root..mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. make flashtool gan, download dulu firmware ics75 type file .ftf, bisa dilihat disini
      http://bosstrip64x2.blogspot.com/2013/09/flashing-firmware-sony-experia.html#more

      Hapus
    2. oiya g perlu di root, ntar kalau di flash total root yg udah kepasang juga bakalan di hapus lagi,

      Hapus
  12. Gan xj ane udh skses root d fw31,tp gk mncul aplikasi super usernya, coba aplkasi droid wall,root explorer bs, tp di aplikasi android terminal emulator ktik perintah "SU" no found,,gmn cara ngecek klo xj ane udh rooted?? Mohon pencerahannya, mksh sblmnya gan,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba pake root explorer masuk ke system root jangan lupa r/w r/o di ganti di tombol atas, biar bisa hapus file, trus di system app disitu bikin file atau folder, atau coba delete file apk yg g dipake, kalau jadi berarti binary root sukses tinggal instal super su dari playstore. kalau belum di coba instal super su dari playstore langsung dia bisa masuk pa kagak, kalau masin minta binary file berati ente root dari cmd belum suksess, coba lagi

      Hapus
  13. Kok driver adb tidak bisa di download

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kok broo herul, baru tak test lagi, tapi kalau butuh link yg lain nanti saya upload lagi ke tempat lain

      Hapus
  14. kok ane gak bisa ya gan pas, ketik "fastboot.exe -i 0x0fce getvar version" di cmd ?
    katanya is recognized as an internal or external bla bla bla bla
    gmn ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. agan udah pake adminitrator ap belum run cmd'nya? trus driver fastbootnya udah keinstal ap belum yah?

      Hapus
  15. ehh udah bisa gan, hehe
    thankss

    BalasHapus
  16. misi saya pas langkah terakhir pas masukin key boot loadernya pas saya enter malah ada tulisan

    failed (remote:oem unlock failed)

    padahal hape saya allow unlock = yes

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin bisa dikirimkan SS nya ke saya lewat pesan fb. mungkin bisa saya bantu lihat permasalahannya

      Hapus
  17. XJ q udh berhasil root gan..muter" cari tutorial ketemunya disini yg paling mudah dimengerti..ditunggu pengembangan lainnya buat XJ (y)

    BalasHapus
  18. Kalo buat m dual sama g, caranya. Xj pyku yg dulu dicuri.

    BalasHapus
  19. ane nyerah gan. driver s1boot fastboot ga kedetek.

    BalasHapus
  20. Gan,
    Klo di wipe cache and data, apa harus di Unroot dahulu...?
    trus cara Unroot-nya gimana

    BalasHapus